Pengertian Fitnah Lengkap dengan Dalil / Firman Allah dan Contoh Perilaku

1 comment
Setelah sedikit membahas tentang Apa itu pengertian Israf , ghibah dan tabdzir sebagai perilaku tercela, kali ini saya akan membahas tentang apa itu fitnah secara ringkas dan mendetil.

fitnah

fitnah adalah menyebarkan berita bohong/jelek dalam suatu hal/orang lain, baik secara diam-diam maupun secara terang-terangan.

Fitnah ini muncul karena beberapa faktor yaitu kebencian, kemunafikan dan kedustaan. Fitnah bertujuan untuk menjatuhkan martabat dan membuat kesengsaraan kepada sesorang/kelompok tertentu.



Dalil tentang Larangan Berbuat Fitnah

Allah Ta'ala berfirman :

وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُمْ مِنْ حَيْثُ أَخْرَجُوكُمْ وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ وَلا تُقَاتِلُوهُمْ عِنْدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ حَتَّى يُقَاتِلُوكُمْ فِيهِ فَإِنْ قَاتَلُوكُمْ فَاقْتُلُوهُمْ كَذَلِكَ جَزَاءُ الْكَافِرِينَ
"Dan bunuhlah mereka di mana kamu temui mereka, dan usirlah mereka dari mana mereka tlah mengusir kamu. Dan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Dan jgnlah kamu perangi mereka di masjidilharam, kecuali jika mereka memerangi mereka di tempat itu. Jika mereka memerangi mereka kamu maka perangi mereka. Demikian balasan bagi orang kafir." ( Q.S. Albaqoroh : 191 )

Ayat tersebut di atas menjelaskan tentang bahaya sebuah fitnah. Fitnah dalam pengertian agama adalah ujian, cobaan dan kekufuran
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment:

  1. If you're trying hard to lose fat then you certainly need to try this brand new personalized keto plan.

    To design this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs have joined together to develop keto meal plans that are useful, decent, economically-efficient, and fun.

    From their grand opening in 2019, 100's of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a certified keto plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones offered by the keto plan.

    ReplyDelete